Lika-liku dan tips belajar menjahit baju tanpa kursus



sisi tempat jahit di kamar (2015)

assalamu'alaikum.. aku share awal cerita terjun ngejahit. Sebetulnya aku ini dasar kuliahnya pendidikan akuntasi disalah satu Universitas di bandung. Tapi dari masa-masa kuliah itu seneng jualan dan ngegambar, trus jahitin baju ke orang lalu dititipin ke toko punya temen di daerah gegerkalong. kalau ga salah itu sekitar tahun 2013, cuman karena yang jahitnya kurang sesuai keinginnan aku, misalnya kaya jahitannya  kurang diperhatiin kerapihannya dll. 


 Temen yang sering jadi curhat atau berbagi masalah baju atau jahitan mamah. tiba-tiba mamah bilang lebih baik jahit sendiri jadi lebih sesuai
rok jahit sebelum kursus, buat jualan dulu sistemnya PO
Singkat cerita, saking pengen bisa jahit sering browsing tentang pola jahit ini itu, tapi asli karena bingung jadi ngerjain sebisa-bisanya aja. Dijahit itu ada istilah kalau kain jangan motong daging/ motong arah serat gitu, dan aq pun sering ngelakuin hal itu dulu bgt. Pas awal itu, kalau jalan sama mamah beli kain, pengen bkin ini itu, terus mola gunting dan jahit. kadang aku bingung, ini seratnya kemana ya hehe

Akhirnya motong daging lah, dan aq pun masih ga ngerti ini itu. kalau bkin rok atau mukena gitu aku kira masih aman ya, tapi kalau bkin atesan dulu bgt itu masih banyak bingungnya. 

oh iya dan aku itu dulu banget 2014 karena pengen banget jadi beli mesin jahit , karena ya belum punya uang yg gede. Aku cari yg murah dan diskon gitu dapet lah di salah satu web gitu mesin jahit protabel yang harga 800rban dan diskon pula jadi sama ongkir itu cuman 500rb kurang dikit.
Seneng banget rasanya, aku bikin jilbab gitu dan karena aku makenya mungkin sakin semangat (sering dipake) bagian dalemnya itu ada yg rusak gitu, aq belum ngerti masalah mesin jahit ya waktu itu. Ternyata si bagian dalemnya itu, tempat buat pasang sekoci nya itu bahannya dari plastik. So, kalau si jarumnya agak macet, jarumnya itu ngikis bagian dalem mesin plastiknya itu, jadi si palete benang itu ga bisa diem ikut muter. Intinya rusak itu mesin, padahal baru 2bln mungkin.
Di beliin mesin jahit portable butterfly sama bapak (2015)

Saran aku sih, buat yang mau belajar jahit:
1. kuatin niat😎
Sering browsing tentang jahit, nanya sama temen atau orang yg berpotensi bisa kasih kamu ilmu tentang jahit dasar
2. beli mesin jahit yang jelas mereknya dan kokoh
Merek apapun itu, ga masalah menurut aku asalkan mereknya itu udah jelas. Mau singer, butterfly, janome, dll. Kalau aku pribadi  masih sangat suka mesin jadul si hitam butterfly punya mamah. Tipe dianamo kecil, bisa juga pake manualnya itu kaya di mainin si kaki kita. Dua cara ini aku suka, tapi lebih suka nya lagi karena aku rasa ini mesin jahit kokoh banget, meja nya pun kalau produksian dulu, kayunya itu masih awet beda sama produksian hitam yang sekarang.
3. Lengkapi peralatan dasar dulu
ini yang dasar aku punya ya sebelum ikut kursus jahit. aku waktu itu beli kertas buat pola, meteran, penggaris buat mola, alat tulis, kapur, rader, karbon, dan jarum pentul, jarum jahit, benang, dll.
4.Latihan
Belajar jahit di kain  kecil, lancarin cara pake mesin jahit 
5. Praktek bikin pola
Sering-sering deh latihan mola gitu di kertas, dulu aq ga tau skala ya jadi ga bkin pola kecil. jadi langsung bkin pola di kertas gede, dengan ukuran cm ukuran badan normal.
6. Jahit
bodohnya aku dulu beli kainnya langsung aja yg harganya lumayan. So, saran buat kalian beli kain yg murah aja. kaya katun rayon atau katun minyak gitu. Pokoknya bahan yang murah buat latihan
7. Jangan menyerah
Kalau jahitan prakteknya kurang sesuai, terus coba aja. Itu yang aku lakuin dulu, TERUS COBA. kelihatan ko, hasilnya ada kemajuan setiap harinya.

Ini baju yg aku jahit sebelum kursus ya, aku pun pasang brukat dipinggang manual ya pake tangan

Semoga bermanfaat ya😊  ini pengalaman aku dulu awal belajar jahit

0 komentar: